Deskripsi Mata Kuliah

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar menjelaskan prinsip-prinsip perancangan percobaan, Rancangan Acak Lengkap (RAL) Model linear RAL dan Penarikan Kesimpulan, Rancangan lingkungan dan uji perbandingan berganda, Rancangan Acak Blok (RAB) Data hilang dan efisiensi pengelompokan, Beberapa rancangan bujur sangkar, model linear dan perhitungan anova bagi RBSL Rancangan acak lengkap dengan pola percobaan faktorial, Rancangan blok pola faktorial, rancangan petak terbagi (split pola design).

Pada Mata Kuliah ini mahasiswa akan belajar menjelaskan tentang Pengertian, batasan, konsep, dan pentingnya/manfaat Manajemen Sumberdaya Alam Laut, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil terhadap keberlanjutan pembangunan nasional dan daerah, Kebijakan nasional tentang manajemen sumberdaya alam laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil, Prospek pengembangan SD perikanan dan kelautan, Penjabaran jenis habitat dan sumberdaya alam laut, pesisir dan pulau-pulau kecil (Mangrove, Lamun, Terumbu Karang, Laut dan Pulau Kecil), Manajemen sumberdaya alam pulau-pulau kecil, penamaan pulau dan manajemen pulau-pulau terluar, Manajemen, sumberdaya alam laut, pesisir dan pulau-pulau kecil berbasis jasa lingkungan dan ancaman perubahan iklim, dan pendekatan atau model di dalam manajemen Sumberdaya Alam Laut, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil.

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar menjelaskan tentang Pengertian dan manfaat, sejarah, keanekaragaman hayati sumberdaya pesisir laut dan PPK, pentingnya kawasan konservasi, kriteria zonasi dan pemanfaatan kawasan konservasi perairan, strategi konservasi dan rehabilitasinya serta pengelolaanynya.

Pada mata kuliah ini mahasisiwa akan belajar mempelajari dan menganalisis perencanaan secara umum dan perencanaan ruang di laut, pesisir dan pulau-pulau kecil serta daya dukung pulau, khususnya yang berhubungan dengan pengelolaan sumberdaya pesisir dan pulau-pulau kecil dan penyusunan RZWP-3-K, penyusunan RSWP-3-K, penyusunan RPWP-3-K, dan penyusunan RAPWP-3-K.

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang prinsip-prinsip dan metode penelitian yang akan digunakan kelak pada saat melakukan tesis atau penelitian tugas akhir. Mahasiswa belajar pengertian pengetahuan, ilmu dan filsafat dan etika dalam penelitian, murumuskan permasalahan, membuat hipotesa, mebuat rancangan penelitian sesuai dengan metode yang dipilihnya, mengumpulkan dan mengolah data hasil pengukuran dan menyusun proposal penelitian.

Pada mata kuliah ini mahsiswa akan belajar tentang pengertian, batasan, konsep, dan pentingnya pengembangan kawasan laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, kebijakan nasional pengembangan kawasan, identifikasi kebutuhan dan membangun otonomi wilayah, teknik dan perencanaan pengembangan  kawasan, pendekatan teknikal, interaksi pemanfaatan wilayah laut dan pesisir sebagai basis rencana dan pengelolaan, sentralitasi pengembangan dan pengelolaan kawasan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, prioritas pengembangan dan pengelolaan kawasan, investasi kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil, monitoring dan evaluasi hasil rencana pengembangan kawasan dan studi kasus-kasus pengembangan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil. 

Pada maat kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang pengertian batasan dan pentingnya mempelajari pencemaran dan pengendalian lingkungan laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil, sumber, jenis, dan dampak pencemaran lingkungan laut, pesisir dan pulau-pulau kecil, pencemaran panas, bahan organik degradable, limbah bahan berbahaya beracun (B3), minyak, logam berat, plastik, detergen, pestisida, pada lingkungan laut, pesisir dan pulau-pulau kecil, bentuk-bentuk pengendalian pencemaran lingkungan laut, pesisir dan pulau-pulau kecil, teknologi pengendalian pencemaran dengan bioremadiasi, pendekatan mikroorganisme dan dengan pendekatan kimiawi.

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang prinsip dan metode-metode pada ekologi kuantitatif sumberdaya alam laut, pesisir dan pulau-pulau kecil yang meliputi pola-pola populasi, pertumbuhan populasi dan keanekaragaman populasi, kesamaan dan ketidaksamaan, analisis klaster, klasifikasi, ordinasi, interpretasi data, PCA, DECORANA, MANOVA, serta MANCOVA.

Pada mata kuliah sistem dan model pengelolaan ekosistem laut, pesisir, dan PPK untuk memberikan pemahaman kepada mahasisw tentang konsep dan prinsip-prinsip dasar teori sistem, sistem analisa, dan pemanfaatannya dalam membuat conceptual model dan apliksinya dalam pengelolaan sumberdaya perairan, keuntungan, kelebihan, dan kesulitan dalam membangun sebuah model pengelolaan sumberdaya alam berbasis sistem lingkungan.

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar menjelaskan tentang defenisi, pengertian dan proses-proses Bioekologi sumberdaya laut pesisir dan PPK yang membahas tentang klasifikasi morfologi, dan anatomi, biologi, tingkah laku, reproduksi dan penyebaran sumberdaya laut, pesisir dan PPK, interkasi berbagai faktor fisik, kimia, dan biologi yang mempengaruhi kehidupan dan penyebaran sumberdaya laut, pesisir, dan PPK.

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang produktivitas primer dan sekunder di perairan laut, pesisir, dan PPK.

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang pengertian, defenisi, dan ruang lingkup dinamika lingkungan laut, pesisir dan PPK, asal usul geologi dan evolusi lingkungan laut, pesisir dan PPK, struktur, proses dan dinamika aliran energi lingkungan laut, pesisir dan PPK, dinamika lingkungan ekosistem pantai bersubstrat lunak (berpasir dan berlumpur), bersubstrat keras, estuari, pulau atol, pulau vulkanik, mangrove, lamun, dan terumbu karang.

Pada mata kuliah ini membahas tentang konsep pariwisata berkelanjutan, dampak pembangunan ekowisata, aspek ekologi,sosial, dan ekonomi, aspek spasial pengelolaan daya dukung (lanjutan), sistem dan model pengelolaan, serta strategi dan kebijakan ekowisata laut, pesisir dan PPK.

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang defenisi, pengertian, dan ruang lingkup analisis kerentanan lingkungan laut, pesisir dan PPK, karakteristik dan ciri-ciri umum lingkungan laut, pesisir, dan PPK, teori dan konsep tentang kerentangan lingkungan laut, pesisir dan PPK, faktor-faktor penyebab terjadinya kerentanan lingkungan laut, pesisir dan PPK, analisis kerentanan kondisi ekologis (daya dukung ekosistem terumbu karang), kondisi fisik (infrakstruktur) dan sosial ekonomi, model-model analisis kerentanan dan studi pada beberapa kasus kerentanan, studi kasus kerentanan lingkungan laut, pesisir dan PPK dan pengendalian resiko bencana.

Pada Mata kuliah ini mahasiswa akan belajar mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penerapan dan pendekatan, metode serta analisis dalam perencanaan pengelolaan terpadu sumberdaya dan kawasan laut pesisir dan PPK berkaitan dengan kelestarian, konservasi, ekowisata, dan perikanan yang berkelanjutan berbasis ekosistem.

Pada mata kuliah ini mahsiswa akan belajar untuk memahami tentang apa yang dimaksudkan dengan kebijakan publik secara umum, mengapa mata ajaran ini penting bagi mereka, model dan pendekatan dalam analisis kebijakan publik, bagaimana mengidentifikasi ciri masalah publik, bagaimana merencanakan kebijakan sampai pada perumusannya, implementasiannya dan evaluasinya. secara khusus kemudian menghubungkan teori kebijakan publik secara umum dengan sumberdaya kelautan dan kepulauan.

Brief About Us

We Are BuildApp


Fusce mollis nulla quis odio auctor bibendum. Aenean interdum augue et accumsan pharetra. Orci varius natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi euismod posuere dui, quis semper nulla bibendum vel. In hac habitasse platea dictumst.

  • Lorem ipsum dolarorit ametion consectetur elit.
  • Vesti at bulum nec odio aea the dumm ipsumm ipsum.
  • Grursus mal suada faci lisis Lorem ipsum dolarorit.
  • Suada faci lisis Lorem ipsum dolarorit.